harga Jual Kambing aqiqah bekasi 2019 murah dan syariah

Jual Kambing Aqiqah 2019 – Bagi pasangan suami istri, kehadian buah hati adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan dalam rumah tangganya. Sebagai ungkapan rasa bahagia dan syukur pada Tuhan, umat muslim disarankan untuk melaksanakan aqiqah, yakni penyembelihan hewan ternak kemudian dibagikan pada kerabat sertta tetangga.

Secara bahasan, aqiqah artinya memotong (bahasa Arab: Al qat’u). Akan tetapi ada pula yang mengartikannya dengan nama rambut bayi yang baru lahir”. Sementara menurut istilah aqiqah adalah proses pemotongan hewan semeblihan di hari ke tujuh setelah kelahiran bayi sebagai wujud rasa syukur pada Allah SWT.

Beberapa ulama juga berpendapat jika aqiqah adalah salah satu bentuk penebus pada bayi yang baru dilahirkan, agar bayi terbebas dari kekangan jin. Umumnya hewan yang digunakan untuk aqiqah adalah hewan ternak seperti kambing.

Untuk pelaksaaanya sendiri disunahkan pada hari ke-7 atau pada kelipatannya yakni hari ke-14, hari ke-21 dan seterusnya. Aturan aqiqah untuk bayi laki-laki adalah memotong 2 ekor kambing, sementara untuk bayi perempuan adalah 1 kambing.

Menurut pendapat ulama Syafiiyah, jika sampai baligh orang tua belum mampu melaksanakan aqiqah untuk buah hatinya, maka kewajiban tersebut gugur. Namun pendapat ini masih belum disetujui oleh semua ulama, karena masih banyak perbedaan pendapat atasnya.

Setelah disembelih dan diolah, hewan aqiqah tersebut harus dibagikan pada kerabat, tetangga atau orang lain yang membutuhkan selain orang tuanya. Jadi dalam pelaksanaan aqiqah, orang tua tak diperbolehkan untuk mengonsumsi olahan hewan aqiqah tersebut.

 

memilih hewan kambing aqiqah sesuai syariat islam

Tips menentukan harga kambing aqiqah Bekasi 2019 sesuai syariat Islam

Dalam pelaksanaanya, Anda bukan hanya perlu memperhatikan waktu penyembelihan dan pembagian hasil penyembelihan hewan tersebut, namun juga syarat-syarat kambing yang bisa dijadikan sebagai hewan aqiqah.

 

Ya, tak jauh berbeda dengan syarat hewan qurban, kambing untuk aqiqah juga harus memenuhi beberapa syarat agar keabsahannya tidak hangus. Nah berikut adalah beberapa syarat kambing yang bisa dijadikan sebagai hewan aqiqah.

  1. Hewan Harus Sehat Jasmani

Syarat pertama dan utama kambing yang boleh dijadikan sebagai hewan aqiqah ialah harus sehat secara jasmani. Kambing yang memiliki cacat fisik tak diperkenankan untuk disembelih sebagai hewan aqiqah.

Beberapa cacat fisik yang ditekankan sebagai penghapus keabsahan hewan aqiqah antara lain adalah mata buta, cacat kaki atau pincang, terlalu kurus hingga tak memiliki tulang sumsum serta sakit yang sudah jelas. Beberapa cacat serupa seperti pincang kedua kaki, cacat mata keduanya dan lain sebagainya pun bisa menjadi pembatal keabsahan kambing tersebut sebagai hewan aqiqah.

  1. Umur Minimal Kambing 1 Tahun

Batas minimal umur kambing yang boleh dijadikan sebagai hewan aqiqah adalah 1 tahun penuh, yakni kambing sudah memasuki tahun ke-2. Hal ini berkaitan dengan ukuran kambing dan kelayakan kambing untuk disembelih.

  1. Umur Minimal Domba 6 Bulan

Lain dengan kambing biasa, jika Anda menggunakan domba maka boleh menyembelih domba yang umurnya baru memasuki usia 7 bulan. Dengan kata lain, umur minimal domba aqiqah ialah 6 bulan penuh dan sudah memasuki pada usia 7 bulan.

Ukuran domba yang relative lebih besar dan gemuk menjadikan hewan ternak ini lebih layak dan siap disembelih lebih awal.

  1. Dapat memilih hewan betina atau jantan

Dalam tata pelaksanaanya, Islam tak mewajibkan Anda untuk menggunkan kambing jantan atau betina. Anda boleh memilih kambing jantan ataupun betina untuk disembelih dengan niatan aqiqah.

  1. Bukan Hewan Curian

Hak milik dari hewan ternak tersebut pun harus jelas. Dimana kambing tersebut sudah menjadi hak miliknya yang sah dan bukan merupakan hewan curian atau rampokan. Bahkan jika hewan tersebut masih termasuk harta warisan pun harus diperjelas terlebih dahulu kepemilikannya secara penuh.

Baca juga : Akikah Untuk Diri Sendiri Setelah Dewasa

5 tips menentukan harga kambing yang bisa di aqiqah tersebut harus terpenuhi agar pelaksanaan aqiqah tersebut sah. Lalu bagaimana dengan jumlah kambing yang harus disembelih?

Dari hadist Abu Dawud, NasaI, Ahmad dijelaskan jika penyembelihan hewan aqiqah untuk bayi laki-laki harus dua, sementara untuk bayi perempuan cukup 1 ekor kambing saja.

“Barang siapa diantara kalian yang ingin menyembelihb (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.” (Hadits Riwayat Abu Dawud, Nasa’I, Ahmad)

 

tips memilih kambing aqiqah di bekasi sesuai syariat islam

Alasan Memesan Kambing Aqiqah di Kami

Untuk mendapatkan harga kambing aqiqah yang sesuai dengan budget anda, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Anda harus jeli memili penjual kambing aqiqah yang amanah dengan kualitas kambing dagangannya.

Disini kami hadir untuk menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari harga jual kambing aqiqah, yang mana kami menjual kambing aqiqah dengan kualitas terbaik. Setiap kambing yang kami jual dijamin sudah memenuhi syarat yang ditentukan, mulai dari umur minimal, kesempurnaan dan kesehatan jasmani, tidak gila, dan juga ukuran yang sudah layak potong.

Cek juga : Jual Kambing Qurban di Bekasi Murah Berkualitas

 

Dapatkan Harga Kambing Aqiqah Bekasi 2019 Murah Hanya Di Rumah Domba

Harga kambing aqiqah yang kami tawarkan pun dijamin termurah dibanding lainnya. Untuk membuktikan kualitas kambing aqiqah kami dan harga termurah yang kami tawarkan, Anda bisa langsung hubungi customer servis di nomor berikut.

Categories: Layanan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *