Tahukah Anda jika di Indonesia ada begitu banyak jenis kambing yang masing-masing memiliki ciri tersendiri? Kambing etawa adalah salah satu yang paling mudah ditemui dan kerap dijadikan sebagai hewan kurban atau untuk konsumsi.

Kambing etawa yang akan dijadikan sebagai hewan kurban sendiri harus memiliki kriteria atau syarat khusus. Nah bagi Anda yang sedang mencari atau ingin membeli kambing etawa, ada beberapa ciri kambing etawa super yang perlu Anda ketahui. Ciri kambing etawa super berikut bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mendapatkan kambing terbaik.

 

ciri-kambing-etawa-jenis-senduro

Ciri Kambing Etawa Senduro Super

Kambing Etawa sendiri terdiri dari beberapa jenis, dan yang paling sering diperjual belikan di Indonesia adalah jenis Senduro dan Kaligesing. Berikut ini adalah beberapa ciri kambing etawa super jenis senduro.

  1. Postur

Ciri kambing super dari jenis ini adalah memiliki postur besar, yakni postur yang tinggi dan lingkar dada yang tebal. Untuk kambing jantan tingginya bisa mencapai 1 meter pada usia 1,5 tahun, sementara untuk umur 4 bulan tingginya sudah 65-70 cm.

  1. Bobot

Melihat posturnya yang tinggi besar, kambing ini juga memiliki bobot yang cukup berat, yakni bisa mencapai 90-100 kg pada umur 1 tahun untuk kambing supernya.

  1. Telinga

Kambing etawa memiliki ciri tersendiri pada bagian telinga, yakni lemas dan berbentuk pilin atau tampak melintir. Semakin terlihat melintir telinga kambing tersebut maka semakin besar nilai plusnya. Panjang telinganya sendiri bisa mencapai 30-40 cm.

  1. Kepala

Kepala kambing jenis senduro ini cenderung cembung atau roman nosed. Hanya saja kriteria ini tidak dimiliki leh semua kambing, atau dengan kata lain hanya dimiliki oleh kambing super saja.

Kambing etawa jantan super pun memiliki gelambir tebal menggantung di leher. Semakin besar dan tebal gelambir tersebut, semakin estetik kambing ini.

  1. Warna

Kambing etawa seduro dengan warna putih menyeluruh merupakan poin plus yang cukup sulit didapatkan. Meski begitu, kambing yang memiliki warna coklat kemerahan baik hanya berupa bercak maupun secara total juga bisa berkualitas super jika memenuhi kriteria lain.

  1. Tanduk

Berbeda dengan jenis kambing lain, etawa senduro ini tak memiliki tanduk alias gundul. Dalam kontes etawa, kambing yang sama sekali tak memiliki tanduk akan mendapat nilai lebih dan ini hanya bisa ditemui pada jenis etawa senduro.

 

ciri-kambing-etawa-jenis-kaligesing

Ciri Kambing Etawa Kaligesing Super

Meskipun masih sama-sama dari keluarga etawa, namun kedua jenis kambing ini memiliki ciri yang berbeda. Berikut adalah ciri kambing etawa super kaligesing.

  1. Postur

Postur yang tinggi memanjang adalah kriteria utama kambing etawa kaligesing super. Uniknya, bobot jenis etawa kaligesing ini bukan prioritas, bahkan pada kontes pun tidak dilakukan penimpangan bobot kambing.

  1. Telinga

Untuk jenis etawa kaligesing ini, ciri kambing supernya memiliki telinga yang panjang, lemas namun lurus dan terlipat rapi ke depan. Untuk panjangnya sendiri sama dengan ciri kambing etawa super jenis senduro yakni 35-50 cm untuk usia 4 bulan.

  1. Kepala

Masuk pada ciri kepalanya, kambing super jenis ini memiliki bentuk kepala yang cenderung cembung (nonong) dengan bagian dagu bawah yang menonjol ke depan (nyakil). Pejantannya sendiri memiliki gelambir yang menggantung pada lehernya.

  1. Warna

Perbedaan paling menonjol dari jenis senduro dan kaligesing adalah pada warnanya. Untuk ciri kambing etawa super kaligesing ini memiliki warna hitam pada bagian kepala sampai dada. Selain itu beberapa kambing juga memiliki variasi warna coklat kemerahan atau hitam pekat.

Semua ciri- ciri kambing etawa super di atas harus Anda perhatikan dengan benar, sehingga saat Anda berburu kambing etawa di pasaran bisa mendapatkan produk supernya.